Ditemukan Kandungan Nikotin dalam Pasta Gigi

Respons: 0 komentar
Sebuah penelitian yang dilakukan Delhi Institute of Pharmaceutical Sciences and Research, menemukan terdapat kandungan Nikotin dalam pasta gigi herbal. Seperti dilansir dari worldental.org, rasa segar yang didapat setelah menggosok gigi kemungkinan besar adalah karena nikotin dalam pasta gigi.

Para peneliti tersebut menyebutkan merek pasta gigi seperti, Colgate H
erbal and Neem Tulsi, Alka Dantamanjan, Dabur Red, dan VICCO, terbukti telah ditemukan nikotin sebagai bahan aktif campurannya.

Hasil dari penelitian ini telah tersebar cepat melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun blog-blog kesehatan di India. Bahkan sebuah blog, Nationalist News Network, dalam sebuah tulisannya menyebutkan bahwa kandungan nikotin dalam pasta gigi seperti Colgate, sekitar 15 – 18mg. Angka tersebut sama dengan kandungan nikotin dalam 5 – 8 batang rokok (tergantung dari konten nikotin dalam rokok).

Diambil sampel sebanyak 24 pasta gigi dari berbagai merek dalam penelitian ini. Tujuh di antaranya ditemukan kandungan nikotin yang cukup signifikan.

Penggunaan nikotin dalam produk-produk non-nikotin bukan saja merusak kesehatan, tapi juga ilegal. Nikotin bukan saja akan mengakibatkan komplikasi kesehatan, tapi juga menyebabkan penyakit menakutkan seperti kanker. Meski cuma dikunyah, nikotin tetap akan merusak kesehatan, terutama pada gigi yang bisa menyebabkan gigi tanggal, enamel gigi yang rusak, atau membuat gigi bernoda.

Nikotin juga disebutkan sebagai bahan yang adiktif. Kecanduan pada nikotin sering dibilang lebih hebat dari kecanduan heroin. Itu sebabnya sedikit orang yang bisa menghentikan kebiasaan merokok.

Hal yang disayangkan melihat hasil penelitian di atas adalah ketika anak kecil menggunakan pasta gigi tersebut. Akibatnya, si anak bisa kecanduan nikotin pada usia yang sangat muda.

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog