5 Sungai paling bersih sedunia

Respons: 0 komentar

Sungai merupakan aliran alami yang biasanya berupa air tawar dan menuju laut, danau, atau sungai lainnya. Dalam beberapa kasus, sungai bahkan hanya mengalir ke tanah dan mengering sepenuhnya sebelum mencapai sumber air lainnya. Beberapa negara juga memiliki definisi tersendiri untuk sungai sesuai ukurannya.

Di dunia ini, ada jutaan sungai yang mengalir setiap harinya. Sayangnya kebanyakan dari sungai tersebut telah tercemar. Namun rupanya masih ada sungai yang diberi sebutan terbersih di dunia. Apa saja itu? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari greendiary.com berikut ini.

1. Sungai Thames, Inggris

Thames merupakan sungai terbersih di dunia yang mengalir melalui kota besar. Hal ini jelas menjadi prestasi besar mengingat 50 tahun lalu Sungai Thames dinyatakan mati secara biologi karena telah tercemar. Pada tahun 1830-1860, puluhan ribu orang meninggal akibat wabah kolera dari polusi Sungai Thames.

Akhirnya, ada keputusan untuk membangun tanaman tertentu demi membersihkan air Sungai Thames sebelum dialirkan ke rumah-rumah, Pabrik industri juga membersihkan air kotor sebelum kembali mengalir ke sungai tersebut.

Sungai Thames pun kini menjadi bersih. Kesehatan masyarakat juga membaik. Pada tahun 1960 bahkan ada undang-undang yang dibuat untuk menghentikan aktivitas pabrik yang membuang limbahnya ke sungai. Sampai saat ini, setengah dari limbah di London kemudian dijual dalam bentuk pupuk untuk pertanian.

2. Sungai Tara (Drina)


Satu lagi sungai yang dianggap paling bersih sedunia. Sungai Tara, yang mengalir dari Montenegro, Bosnia, dan Herzegovina. Dengan panjang sungai 144 km, 110 km di antaranya berada di Montenegro, sementara sisanya berada di Bosnia dan Herzegovina.

Sungai Tara juga membentuk perbatasan antara kedua negara di beberapa tempat. Alirannya berasal dari selatan ke utara, kemudian dari utara menuju ke barat dan menyatu dengan Sungai Piva dan membentuk Sungai Drina.

3. Sungai St Croix, Wisconsin sampai Minnesota


Sungai St Croix adalah perpanjangan dari Sungai Mississippi dengan panjang sekitar 264 km yang mengalir ke sepanjang Wisconsin ke Minnesota. Sungai terbersih sedunia ini juga berada di bawah perlindungan National Park Service.

4. Sungai Torne, Swedia sampai Finlandia


Sekitar setengah dari panjang sungai terbersih ini merupakan bagian dari perbatasan antara kedua negara. Torne juga merupakan sungai terbesar di Norrbotten dan sering dianggap sebagai sumber dari Danau Torne, perbatasan Norwegia.

5. Sungai Li (Guangxi), China


Terakhir, ada Sungai Li yang mengalir ke sepanjang Pegunungan Mao'er sampai ke Guilin, Yangshuo, dan Pingle yang ada di China bagian selatan. Sungai dengan panjang 83 km ini menawarkan pemandangan indah yang telah bertahun-tahun mampu memberi inspirasi pada para seniman dan penulis China.

Selain bersih, rupanya Sungai Li juga dijadikan tempat wisata. Pengunjung bisa menikmati Reed Flute Rock yang merupakan gua batu kapur atau Seven-star Park, taman nasional terbesar di wilayah tersebut. Setiap belokan sungai pun menyajikan berbagai pemandangan indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

jangan lupa "like" disini yah

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog