rahasia di balik kue donat

Respons: 0 komentar
SIAPA yang suka kue donat? Yang khas dari kue donat adalah adanya lubang di bagian tengahnya, tapi tahukah kamu kenapa kue donat itu memiliki lubang di bagian tengahnya? Adakah sejarah yang menjadi alasan diciptakannya kue donat itu? Atau karena masalah teknik pembuatannya saja?
Kemudi+kapal+bintang+alam Dahulu konon, ada seorang nahkoda yang ingin dibuatkan kue yang cocok untuk dibawa berlayar. Seperti kamu ketahui bahwa di laut saat ombak besar tentu kapal beserta isinya akan bergoyang-goyang. Akhirnya sang nakhoda mendapatkan bentuk kue yang cocok untuk konsidi tersebut. Yaitu kue yang bagian tengahnya berlubang, sehingga dia bisa meletakkannya di sisi roda kemudi. Kamu pasti juga bagaimana bentuk kemudi kapan laut kan?
Nah dengan "menancapkan" kue itu di kemudi, sang nakhoda tidak perlu lagi khuatir kuenya akan berceceran saat kapal menghadapi ombak besar.
sweet-potato-donut-frying Namun benarkah cerita itu? Donat adalah kue yang dibuat dengan cara di goreng diatas minyak (seperti halnya ibu kamu membuat pisang goreng) Bahan baku donat adalah seperti halnya roti yaitu diberi ragi supaya bisa "mengembang".
bolongan Nah jadi saat adonan donat itu digoreng, akan mengembang dan "menggelembung" ke segala arah. Satu-satunya cara supaya bentuk kue itu nantinya bundar pipih (bukan bulat) adalah dengan cara memberi lubang di bagian tengahnya (seperti halnya ban dalam).
donut Cara membuat lubang pada donat pun bisa dengan cara tradisional, yaitu membuat adonan berupa silinder panjang yang kemudian di satukan ujung-ujungnya, atau dengan cara moderen dengan sebuah cetakan yang sudah berlubang di bagian tengahnya.
Nah kalau sekarang kamu menjumpai donat yang tidak ada lubang di bagian tenghanya, tahukah kamu bagaimana cara menghindari donat itu tidak berbentuk seperti bola saat di masak?***

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog