manfaat apel untuk diet

Respons: 0 komentar
Kelly Osbourne, putri rocker gaek Ozzy Osbourne, baru-baru ini tampil dengan tubuh yang jauh lebih langsing. Ia sempat mengatakan, rahasia langsingnya adalah dengan memakan sebutir apel sebelum tidur karena hal itu membantu metabolismenya tetap bekerja. Hal ini tampaknya sesuai dengan pepatah, ”An apple a day may keep the doctor away”. Namun, benarkah tips yang dikatakan Kelly?

Ngemil sebutir apel, menurut Amanda Ursell–ahli nutrisi yang juga kolumnis di majalah Wellbeing–sebenarnya akan membuat Anda terjaga karena gangguan pencernaan. Apel mengandung serat yang dapat larut dalam air (disebut pectin) dan gula alami pada buah yang membuatnya cukup mengenyangkan. Gula alami ini meningkatkan gula darah secara perlahan dan mengandung kalori yang rendah apabila dibandingkan dengan biskuit.


Anda mungkin pernah mendengar, kalori yang dikonsumsi larut malam lebih mengandung lemak daripada yang dikonsumsi lebih awal. Namun, kebanyakan peneliti bersikukuh bahwa jumlah kalori total yang dikonsumsi selama 24 jam yang membuatnya berlemak, bukan ketika makanan tersebut dimakan.

Sebuah studi kecil-kecilan belakangan menunjukkan bahwa teori ini cukup valid dengan mengatakan bahwa mengudap sebutir apel lebih baik daripada mengudap makanan berlemak lainnya. Bahkan, andaikan total kalori Anda masih di bawah kontrol.

Apabila Anda ingin makan apel seperti tips Kelly, hal ini tidak membuat perbedaan apa pun. Karena sebenarnya, jam berapa pun Anda ingin ngemil apel, buah ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Contohnya, quercetin, nutrisi super yang disebut-sebut mampu memerangi virus. Kemudian juga asam glukarik D, yang mampu mengurangi kolesterol jahat. Namun, apel tidak memiliki kemampuan meningkatkan metabolisme yang hebat.

Amanda menambahkan, menurut penelitian, kalau ada makanan yang benar-benar memiliki pengaruh untuk meningkatkan metabolisme, itu adalah saus sambal dan mustar. Keduanya membantu mempercepat proses pembakaran kalori.

Ilmuwan di Oxford Brookes University menunjukkan bahwa tingkat metabolisme meningkat 15 persen dalam dua jam setelah mengonsumsi bumbu pedas ini. Sedangkan minum 6 cangkir teh hijau setiap hari terbukti membantu membakar 100 kalori setiap hari.

Nah, Anda tak perlu percaya begitu saja dengan tips dari Kelly. Dengan uang yang dimilikinya, bisa jadi ia juga mempekerjakan personal trainer dan ahli gizi untuk menurunkan berat badannya secara signifikan.

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog