Pengalaman Matrikulasi

Respons: 0 komentar
Bismillahirrahmanirrahiim... Emm pada postingan kali ini saya akan memposting sedikit pengalaman saya mengenai Matrikulasi saat saya diterima disalah satu Universitas negeri di Aceh.

        Syukur Alhamdulillah bagi kita semua yang telah lulus atau diterima di sebuah Universitas yang kita inginkan. karena sangat disayangkan bagi mereka yang telah lulus UAN kemudian berpesta pora ngecat-cat namun ndak lulus melanjutkan ke perguruan tinggi. =,=. kasian kasian kasian..
tapi enggak papa juga bagi mereka yang memang sudah mau langsung bekerja, atau mungkin langsung kawin, atau jadi pengangguran.

       Ahhh.. sepertinya saya terlalu bertele-tele.. langsung saja saya ceritakan pengalaman matrikulasi saya.
yang pertama harus kita ketahui dulu apa sebenarnya matrikulasi itu.
   
          Matrikulasi adalah penyetaraan kemampuan bagi setiap calon mahasiswa yang biasanya telah lulus melalui jalur USMU (Undangan). Matrikulasi biasanya dilaksanakan selama 30 hari dari pagi sampai sore. Bila ditempat saya (Universitas Syiah Kuala) 4 hari pertama dari matrikulasi diajarkan/diberi tahu/bagaimana kuliah itu, bagaimana sistem belajarnya yang menggunakan sistem SKS. Walaupun membosankan tapi Itu semua penting looo..!! Bagi mereka yang masuk melalui SNMPTN jalur tulis, mereka tidak akan mendapatkan info begitu melalui matrikulasi, namun harus mencari tau sendiri. 
             Selain itu kami juga diberi tahu tips-tips dalam perkuliahan.. cara cepat menyelesaikan kuliah,      diberikan motivasi-motivasi yang tentunya sangat berguna. Setelah fase permulaan kemudian baru dilanjutkan fase pembelajaran. dimana pada tahap awal akan diadakan tes kemampuan bagi para mahasiswa kelulusan jalur USMU. setelah diadakan tes dan mengetahui hasilnya kemudian barulah kami diberi sedikit materi sebagai dasar atau sebagai pemantapan ilmu. Tiap jurusan dipisahkan antara IPS dan IPA.

Mungkin Matrikulasi itu tidak sama semua, lain Universitas lain lagi sistem Matrikulasinya...seperti ibarat lain air(ex: air comberan, air galon, air PDAM) lain pula jenis ikannya namun tetap sama-sama hidup di air. Kan gak mungkin ikan Paus, Hiu hidup di air Comberan. begitu juga matrikulasi lain sistem/caranya namun tujuannya tetap sama. Waah kalau salah maaf yaa.. coz kalau saya baca ulang kayaknya gak nyambung ya. =,=

Emm.. *Bersambung*

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog