Apakah Mata Cokelat Lebih Berkarakter Dibanding Mata Biru?

Respons: 0 komentar


Praha, Dominansi seseorang dalam kelompok ternyata berhubungan dengan warna mata, khususnya pada pria. Pria dengan mata cokelat cenderung lebih berpengaruh dibandingkan pria dengan mata biru, meskipun penyebabnya bukan terletak pada mata.

Dikutip dari MSNBC, Kamis (17/6/2010), kecenderungan ini terungkap ketika para ahli di Ceko melakukan penelitian terhadap 62 orang. Partisipan diminta memberi peringkat pada 80 foto pria dan wanita, terkait kesan dominansi yang teramati dari wajahnya.

Warna mata pada foto-foto tersebut telah dimodifikasi secara acak dengan program photoshop. Gambar yang semula memiliki mata biru diubah menjadi cokelat atau warna lain, demikian juga sebaliknya.

Setelah dibandingkan, kesan dominan paling banyak didapati oleh partisipan pada pria bermata cokelat meskipun dalam foto warna matanya telah diubah menjadi warna lain. Kecenderungan ini tidak terjadi pada foto wanita.

Hal ini membuktikan, meski kecenderungan tersebut berhubungan dengan warna mata namun penyebabnya tidak terletak pada mata. Beberapa spekulasi lalu berkembang untuk menjelaskannya.

Dugaan pertama, warna mata punya hubungan dengan bentuk wajah sehingga kesannya tetap sama meski warna mata diubah. Pria bermata cokelat umumnya memiliki dagu dan mulut yang lebar, hidung lebih besar, jarak kedua mata lebih dekat serta alis lebar.

"Temuan ini sangat mengejutkan, sama sekali di luar dugaan. Perlu diteliti lebih lanjut, apa kaitan warna mata dengan bentuk wajah," ungkap Benedict Jones dari University of Aberdeen yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Dugaan berikutnya adalah perlakuan yang berbeda pada masa kecil. Mungkin karena imut, anak laki-laki yang bermata biru cenderung lebih lama diperlakukan sebagai kanak-kanak dibandingkan sebayanya yang bermata cokelat.

Dugaan ini diperkuat dengan hasil penelitian sebelumnya. Anak laki-laki bermata biru pada usia prasekolah dikatakan cenderung lebih sering mengalami hambatan dibandingkan yang bermata cokelat, meski kecenderungan itu hilang seiring bertambahnya usia.

Spekulasi berikutnya berusaha untuk menggabungkan kedua dugaan di atas. Keterbelakangan yang dialami pria bermata biru di masa kecil menyebabkan perbedaan hormonal dalam pertumbuhannya, sehingga memberi kekhasan pada bentuk wajah.

Apapun penyebabnya, peneliti meyakini bahwa mata berwarna biru baru dikenal antara 6.000 hingga 10.000 tahun yang lalu. Sebelum terjadi mutasi yang mengurangi produksi pigmen cokelat pada iris mata, semua orang memiliki mata berwarna cokelat.

maca taw...?

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog