jalan masa depan yang menakjubkan

Respons: 0 komentar


Di Jakarta sering kita temui banyak lampu jalan yang tidak menyala di malam hari dengan alasan untuk penghematan namun tidak sedikit yang masih menyala di siang bolong. Tapi tahukah anda jalan raya masa depan dilengkapi dengan panel surya yang juga menghasilkan energi listrik?

Departemen Transportasi di Amerika telah menyetujui anggaran sebesar US$ 100.000 untuk membuat sebuah contoh (prototype) jalan raya yang menggunakan panel surya yang disebut Solar Road Panel.

Jalan ini terbuat dari kaca dan panel surya yang akan menggantikan beton atau aspal nantinya.

Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menghasilkan sumber listrik dari penggunaan panel surya di jalan raya, nantinya, setiap panel yang berukuran 12×12 inch jalan tersebut bisa menghasilkan sekitar 7,6 kilowatt hours per hari.

Jadi kalau dibuat jalan raya dengan panel surya sepanjang 1 mil dengan 4 lajur maka setidaknya energi listrik yang dihasilkan bisa menghasilkan listrik untuk 500 rumah.

Tapi hitung saja biaya yang dibutuhkan bila satu panel Solar Road Panel ini dihargai US$ 7.000 untuk ukuran 12x12 inci.

Selain itu, jalan raya ini nantinya juga terdapat lampu LED sehingga marka jalan dan tulisan lainnya akan menyala melalui Solar Road Panel ini. Coba pemerintah Indonesia seperti ini?

sumber : Inilah.com

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog