Persaingan 'Avatar' dan 'The Hurt Locker' siapa yang menang

Respons: 0 komentar


Persaingan 'Avatar' dan 'The Hurt Locker' di Academy Awards 2010 dianggap kritikus film seperti pertarungan Daud dan Goliat. Kira-kira siapa yang akan paling banyak meraih piala Oscar pada 7 Maret mendatang?

Di ajang tersebut, 'Avatar' dan 'The Hurt Locker' sama-sama mendapat sembilan nominasi itu. Yuk kita intip kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dua film yang digarap oleh mantan suami-istri tersebut.

Gambar

Dimulai dari film garapan Kathryn Bigelow, 'The Hurt Locker'. Film tersebut mendapat sambutan positif dari para kritikus film. Bahkan 'The Hurt Locker' disebut-sebut sebagai Film Perang Amerika Generasi Baru.

Seperti dilansir LA Times, Jumat (12/2/2010), 'The Hurt Locker' pun mengangkat tema Perang Irak, perang yang mendapat perhatian dunia. Film tersebut pun menjadi film Perang Irak yang terlaris sejak Amerika menginvasi negara tersebut pada 2003 lalu.

'The Hurt Locker' tergolong film berbujet kecil, Kathryn hanya menghabiskan US$ 11 juta untuk menggarap film tersebut. Sementara 'Avatar' mengeruk dana hingga US$ 237 juta.

Film yang dibintangi Jeremy Renner tersebut cukup berprestasi di ajang penghargaan lainnya. Di Guild of America Awards, Kathryn Bigelow pun mendapat penghargaan Sutradara Terbaik. Tapi sejak pertama kali Academy Awards digelar, belum pernah ada sutradara perempuan yang bisa meraih penghargaan Sutradara Terbaik. Bisakah mantan istri James Cameron itu menjadi yang pertama?

Kini, kita beralih ke film yang sukses menjadi film terlaris sepanjang masa, 'Avatar'. Tidak dipungkiri kalau 'Avatar' menyajikan visual efek 3D yang sangat ciamik. Untuk mengembangkan The Fusion Camera System, James Cameron harus melakukan trial and error selama tujuh tahun.

Sementara, latar belakang James Cameron sebagai sutradara sangat menjanjikan. Pada 1997 silam, 'Titanic', film yang juga disutradarai James Cameron sukses meraih sebelas penghargaan. Namun, jika melihat sejarah Academy Awards, hingga saat ini belum ada film bergenre fiksi ilmiah yang bisa meraih penghargaan Film Terbaik.

Dari segi cerita, 'Avatar' tidak boleh dipandang sebelah mata. Lewat film tersebut, James seperti mengkritik perusahaan-perusahaan besar yang kini tengah mengeruk kekayaan alam negara ketiga.

Nah, apakah Daud bisa menang melawan Goliat kali ini?

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog