Katamaran, kapal laut yang unik

Respons: 0 komentar

Catamaran adalah tipe kapal laut multi lambung, biasanya terdiri dari dua lambung (tiga lambung disebut trimaran). Disain kapal katamaran disebut sebagai disain terbaik untuk kapal laut karena dapat mengakomodasi kebutuhan akan kecepatan, stabilitas dan kapasitas yg besar dalam sebuah kapal.



Konsep disain katamaran diilhami oleh cano yang dipakai oleh masyarakat Polynesian. Mereka menemukan bahwa dua buah log kayu yang digabung menjadi satu tidak akan terbalik. Konsep itu kemudian terus berkembang dengan aplikasi yang luas dalam pembuatan kapal laut modern.



Kelebihan katamaran adalah model ini lebih cepat dari model kapal konvensional. Disain ini juga sangat stabil dan mengurangi resiko terbalik. Selain itu juga mengurangi mabuk laut bagi penumpangnya. Bahkan model ini juga masih stabil jika dipakai dalam kecepatan tinggi.

Katamaran dipakai luas dalam olahraga air, termasuk lomba perahu layar. Sekarang ini model katamaran juga dipakai dalam angkutan air massal, seperti kapal ferry dan juga kapal kargo.

modelnya kaya perahu ini



sumber :http://kask.us/3373707

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog