Ajaib,bayi 6 bulan sudah bisa jalan

Respons: 0 komentar
Bayi yang satu ini sepertinya sudah tak sabar lagi ingin segera berlari dan menjelajahi luasnya dunia. Ya.. meski baru berusia enam bulan, bayi bernama Xavier King ternyata sudah bisa berdiri sendiri dan berjalan.

Orangtuanya, Mary and David, sungguh terkejut ketika melihat buah hatinya mampu melangkahkan kaki terlalu cepat - atau setengah tahun lebih cepat dari bayi pada umumnya. Sudah sebulan berjalan, Xavier tampak nyaman berdiri di atas kakinya.

"Ini seperti sebuah kejutan.  Kami tak bisa mempercayainya," ujar Mary (30) mengomentari kemampuan anak pertamanya itu.

Daily mail

"Saya tak pernah berpikir dia akan bisa berjalan pada usia enam bulan. Kebanyakan anak tidak belajar berjalan hingga menginjak usia setahun," ungkap perempuan yang tinggal di Cambridge Inggris itu.

Xavier lahir pada Juli tahun lalu dengan bobot mencapai sekitar 4,1 kg. Orang tuanya sempat curiga karena perkembangan Xavier terlalu pesat terutama  saat bayi ini sudah mampu duduk sendiri pada usia 3 bulan.

Namun kemampuan Xavier menginjakkan kaki dan berdiri ternyata menjadi kejutan berikutnya. Apalagi  anak ajaib ini tidak sempat merangkak lebih dulu.  'Sungguh luar biasa ketika ia bangun dan mulai menempatkan satu kakinya di depan kaki yang lain," tutur Mary.

"Hanya masalahnya sekarang saya tak bisa meninggalkannya sendirian. Karena itu saya  membeli pena mainan supaya dia tak jadi nakal," tambahnya.

Mary percaya bahwa bouncing chair (kursi bayi) yang biasa digunakan untuk mendudukan anak semata wayangnya dapat membantu perkembangan otot kakinya. "Lucu rasanya  mengingat bagaimana ia bisa berjalan tanpa harus belajar merangkak.  Saya selalu berpikir itu hanyalah suatu jalan lain," ungkapnya

Baik Mary atau pun suaminya, David (27) yang bekerja sebagai manajer pusat perbelanjaan, ketika bayi tidak pernah belajar jalan sampai usia setahun.

Kebanyakan bayi biasanya mulai mendorong badannya dengan menggunakan kakinya pada usia sekitar 9 bulan dan akan berdiri sendiri tanpa bantuan pada usia 11 atau 12 bulan. Sebagian besar bayi akan pandai berjalan kaki pada usia 18 bulan, meskipun ada bayi lainnya yang butuh waktu lebih lama.

Pakar perkembangan anak,  Dr Martin Ward Platt menilai apa yang menimpa Xavier adalah fenomena tidak lazim. "Menjadi terlalu cepat dewasa sebelum waktunya yang ditandai dengan cara berjalan adalah hal yang tidak lumrah. Bagi orang tuanya, ini hanyalah seperti menghadirkan momen yang dinantikan oleh mata dari belakang kepala" ujarnya.

Tahap perkembangan anak pada umumnya :
4-12 minggu : Bayi akan mencoba mengangkat kepala sambil tengkurap
3-5 bulan : Berusaha meraih benda di dekatnya
5-6 bulan : Bisa memegang suatu benda dan memindahkanya di antara dua tangan.
6-8 bulan : Bayi akan duduk tanpa bantuan
6-9 bulan : Bayi  akan merangkak dan mendorong badannya ke atas
10-18 bulan : Melangkahkan kaki untuk pertamakalinya dan belajar berjalan

No comments :

Post a Comment

Copyright © Terbaru dan Terunik

Designed By: Habib Blog